Veneer Putihkan Gigi Secara Instan, Lakukan 4 Tips Ini untuk Merawatnya

Veneer Putihkan Gigi Secara Instan, Lakukan 4 Tips Ini untuk Merawatnya
source: https://media.suara.com/pictures/653x366/2017/01/04/o_1b5jgj8g2ol1seq1uj4pg71914a.jpg

Apa itu veneer gigi? Veneer gigi merupakan sebuah prosedur medis dengan menempelkan veneer di bagian depan gigi yang memiliki tujuan estetis dengan menutupi kecacatan pada gigi, seperti bentuk gigi yang tidak simetris, ukuran gigi yang tidak sesuai, atau perubahan warna pada gigi yang tidak bisa dihilangkan secara alami. Veneer gigi pada umumnya terbuat dari komposit resin atau porselen yang menempel secara permanen pada gigi. Kualitas ketahanan veneer juga tergantung jenis bahan veneer. Veneer yang terbuat dari porselen, lebih tahan lama, tidak mudah berubah warna, dan terlihat lebih mirip gigi asli. Gigi yang ditempeli oleh veneer akan lebih sensitif dibanding gigi lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya pengikisan pada enamel gigi. Enamel gigi yang terkikis mengakibatkan bagian dalam gigi lebih sensitif terhadap gangguan-gangguan, seperti makanan dan minuman yang panas maupun dingin. Oleh karena itu, kamu harus memberi perhatian yang ekstra untuk perawatan veneer gigi, Ladies! Bagaimana cara untuk merawat veneer disarankan oleh dokter? Nah, kali ini Beautynesia sudah merangkum hal hal apa aja yang harus kamu lakukan dan hindari agar veneer gigi kamu selalu terjaga dan tetap sehat. Yuk, simak rangkuman berikut ini!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Rajin Menggosok Gigi dan Membersihkan Gigi
image source: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net
Menjaga kebersihan gigi adalah hal mutlak yang harus dilakukan agar veneer gigi tetap terawat. Menggosok gigi secara teratur merupakan cara yang paling sederhana untuk merawat veneer gigi. Menggosok gigi mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi agar tidak menumpuk menjadi karang gigi.

 
Hindari Memakan Makanan yang Terlalu Keras dan Minuman yang Panas dan Dingin
image source: https://2.bp.blogspot.com
Salah satu prosedur veneer gigi yaitu melakukan pengikisan emanel dan pengurangan gigi agar bentuk gigi lebih proporsional. Dampak dari prosedur ini ialah gigi jadi sedikit lebih ngilu. Oleh sebab itu, dokter gigi menyarankan agar pasien yang melakukan veneer gigi untuk menghindari menggigit sesuatu yang keras, seperti es batu; makanan yang terlalu keras, seperti daging; ataupun minuman yang panas dan dingin selama lebih kurang 3 hingga 6 bulan. Setelah itu, pasien diperbolehkan memakan makanan dan minuman apapun dengan tanda petik "tetap berhati-hati saat mengunyah makanan".

 
<baca juga>
Tidak Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berwarna Pekat
image source: http://sidomi.com
Sama halnya dengan gigi asli, veneer juga bisa menguning seiring berjalannya waktu. Untuk memperlambat proses tersebut, kamu harus menjaga makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa mengubah warna gigi seperti sate, soto, kopi, teh, dan alkohol. Kamu boleh kok, mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut nggak akan langsung membuat gigi kamu menguning kok, Ladies! Asalkan kamu selalu rutin menggosok gigi.

 
Hentikan Kebiasaan Merokok
image source: https://asset.kompas.com
Pastinya kita sudah tahu apa saja bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Selain dapat merusak organ-organ tubuh, kebiasaan merokok juga dapat merusak gigi, baik gigi yang sudah di-veneer maupun gigi yang tidak di-veneer. Kandungan nikotin yang terkandung di dalam rokok merupakan penyebab utama kerusakan pada gigi. Nikotin yang menempel pada gigi membuat gigi menjadi menguning dan nggak akan hilang walaupun kamu sikat gigi. Wow, bahaya ya, Ladies!

 
<baca juga>
Poles Gigi Merupakan Sebuah Solusi
image source: https://www.audydental.com
Poles gigi dapat dilakukan jika veneer gigimu mulai menguning. Untuk jenis veneer komposit dapat dilakukan 3 bulan hingga 6 bulan sekali. Sedangkan veneer porselen sifatnya relatif stabil, poles gigi dapat dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun hingga 15 tahun sekali.
Apabila kamu mengalami kerusakan veneer, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter gigi kepercayaanmu dan melakukan pemasangan kembali veneer yang rusak atau pecah.

Merawat veneer nggak ribet kan, Ladies, seperti halnya merawat gigi asli!

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular