Berencana Liburan Seorang Diri, Baca Dulu Tips Aman untuk Solo Traveler Wanita

Berencana Liburan Seorang Diri, Baca Dulu Tips Aman untuk Solo Traveler Wanita
source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/S9BPJEp7ioxrxk50/videoblocks-vacation-travel-in-europe-tourist-woman-traveling-in-oia-santorini-in-greece-happy-young-woman-looking-at-famous-blue-dome-church-landmark-destination-greek-islands-red-epic-slow-motion_hhnnac1dz_thumbnail-full08.png

Melakukan perjalanan sendirian memang rasanya perlu dilakukan minimal sekali seumur hidup. Tentu dengan melakukan solo travel akan membuat pengalamanmu bertambah. Sendirian tidak selalu membosankan kok, bahkan melakukan solo travel bahkan bisa membuatmu menambah teman di perjalanan. Eits, sebelum menjalin pertemanan ada baiknya kamu waspada. Kamu akan berada di tempat yang mungkin belum kamu kenal, dan budaya yang berbeda dengan kamu. Kamu perlu lebih waspada terhadap keselamatanmu apalagi mengingat kamu seorang wanita yang sedang melakukan solo travel. Tapi jangan khawatir, kami memiliki tips aman untuk kalian para wanita yang ingin melakukan solo travel.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Melakukan perjalanan secara spontan memang menyenangkan, tapi merencanakannya terlebih dahulu akan melindungimu. Merencanakan perjalanan membuatmu meriset tentang tempat yang aman untuk dikunjungi dan bermalam. Selain itu penting rasanya untuk kamu mengetahui kebudayaan, norma, aturan, dan kultur tempat yang akan kamu kunjungi, terutama informasi tentang bagaimana kebiasaan wanita di tempat tersebut. Beberapa hal mungkin akan membuatmu tak nyaman, tapi percayalah itu penting. Dan sekali lagi keselamatanmu adalah tanggung jawabmu sendiri terlebih kalau kamu melakukan solo travel. Seperti contohnya berpakaian seperti orang lokal, dengan begitu kamu tidak akan terlalu menarik perhatian dan terlihat berbaur dan dapat menjauhkanmu dari target kejahatan.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu
source: http://www.ginamussio.com/wp-content/uploads/2016/09/desk.jpg
Pastikan Akomodasi

Menghabiskan lebih banyak uang untuk akomodasi tidak menjamin kamu akan lebih aman. Bisa saja kamu kekurangan uang saat di perjalanan, duh jangan sampai ya. Beberapa orang justru lebih menyarankan bermalam di hostel daripada hotel saat bepergian. Terkadang hostel lebih lebih mudah ditemukan, dan tentu lebih mengenal kondisi dan situasi setempat. Selain itu hostel juga menawarkan pengalaman menarik dan keramahan warga sekitar dibanding hotel yang hanya menawarkan kenyamanan.

Saat kamu menggunakan hotel atau Airbnb, pastikan kamu melihat dan membaca review sebelum memesannya. Ada tips untuk pengguna Airbnb, pastikan kamu memesan dengan rating "Superhost" artinya mereka memiliki reputasi luar biasa yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama.

Pastikan Akomodasi
source: https://i1.wp.com/bestlifeonline.com/wp-content/uploads/2017/06/shutterstock_430159495.jpg?fit=500%2C333&ssl=1
<baca juga>
Siapkan Tracking System

Aktifkan selalu tracking system saat bepergian. Saat ini media sosial pun sudah menawarkan sistem pelacakan. Kamu tentu bisa mengirimkan update lokasi terbarumu setiap mengunjungi atau menjelajah tempat baru kepada keluarga. Kamu juga dapat live location ketika kamu sedang dalam perjalanan. Itu akan membuatmu aman dan selalu terlacak dimanapun kamu berada. 

Siapkan Tracking System
source: https://www.rewiresecurity.co.uk/image/catalog/computer/personal-gps-tracker-tracking.jpg
Waspada Terhadap Koneksi yang Kamu Jalin

Menjalin pertemanan dengan orang baru boleh saja ketika kamu traveling, tapi fokuslah dengan caramu membangun koneksi. Jika kamu keluar dari restoran dan kerumunan mulai menipis, itu sudah waktunya untuk pergi. Jangan memberikan informasi tempat tinggalmu dan statusmu. Mereka tak perlu tahu kalau kamu sendirian.

  • Public is safer than private. Tetap di tempat umum, jangan tinggalkan mereka dengan orang yang baru saja kamu temui.
  • Lebih proaktif daripada reaktif. Pilih siapa yang diajak bicara, jangan biarkan diri kamu dipilih. Selalu dengarkan nalurimu.
  • Libatkan orang lain untuk keselamatanmu. Jika kamu merasa tidak nyaman, berhentilah dan tanyakan arah. Warga lokal dapat memberi tahumu jika menuju ke area yang tidak aman.
  • Jangan pernah tergesa-gesa mengambil keputusan. Penipu berhasil ketika mereka dapat membuatmu mengambil keputusan cepat tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Gunakan waktumu.
  • Bersikap kasar, jika perlu. Terlepas dari apakah perasaan terluka atau orang terganggu, jika seseorang tidak menerima jawaban "tidak", kekasaran sepenuhnya dapat diterima untuk memastikan keselamatanmu.
Waspada Terhadap Koneksi yang Kamu Jalin
source: https://www.wikihow.com/images_en/thumb/4/40/Talk-to-Strangers-Step-1-Version-5.jpg/v4-728px-Talk-to-Strangers-Step-1-Version-5.jpg

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular