Kenali Sebelum Terlambat, Penyebab & Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Harus Diwaspadai

Kenali Sebelum Terlambat, Penyebab & Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Harus Diwaspadai
source: https://media.self.com/photos/5a0ca83b0972980b389a5edf/4:3/w_728,c_limit/Salv-Stones.jpg

Kanker kelenjar getah bening merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang organ tubuh yang berhubungan dengan sistem imunitas. Karenanya, penting untuk mengetahui penyebab dan gejala penyakit ini agar kita selalu waspada. Sebab semakin cepat penanganan yang dilakukan, proses penyembuhannya pun lebih mudah.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Apa Itu Kelenjar Getah Bening?

Kelenjar getah bening atau disebut juga kelenjar limfa adalah salah satu organ dalam sistem kekebalan tubuh yang berperan penting dalam melawan infeksi dan penyakit. Kelenjar ini tersebar di seluruh tubuh dan jumlahnya mencapai hingga 600 kelenjar. Ukurannya yang kecil membuat kelenjar ini tidak dapat dirasakan atau diraba kecuali yang terdapat di beberapa bagian seperti leher, ketiak dan selakangan.

Apa Itu Kelenjar Getah Bening?
Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Gangguan pada kelenjar getah bening, baik itu gangguan ringan maupun kronis seperti kanker, biasanya ditandai dengan munculnya pembengkakan pada kelenjar yang terdapat di bagian leher, ketiak atau selakangan. Pembengkakan ringan terjadi saat tubuh mengalami infeksi atau terserang penyakit.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening
source: https://self.com/
Saat dalam kondisi tersebut, produksi sel imun pada kelenjar getah bening meningkat sehingga kelenjar menjadi bengkak. Pembengkakan ini biasanya akan sembuh seiring dengan meredanya infeksi atau penyakit yang diderita. Namun dalam kasus-kasus tertentu, pembengkakan ini terjadi kerena penyakit yang lebih kronis seperti kanker getah bening hodgkin atau kanker getah bening limfoma non-hodgkin.
<baca juga>

Kanker kelenjar getah bening sendiri terjadi akibat mutasi sel limfosit atau sel darah putih yang menyerang berbagai organ tubuh termasuk kelenjar getah bening. Hal ini dapat terjadi karena dipicu oleh 2 faktor, yakni faktor genetik dan faktor gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan-kebiasaan seperti terlalu banyak minum minuman beralkohol, merokok, kurang istirahat serta banyak mengonsumsi makanan junk food membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit ini. Hati-hati ya, Ladies!  

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening
Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Umumnya penyakit kelenjar getah bening ditandai dengan munculnya benjolan di daerah leher, ketiak atau selakangan. Namun selain itu, terdapat gejala-gejala lain yang juga menyertai diantaranya:

  • Demam tinggi
  • Keringat berlebihan di malam hari
  • Nafsu makan menurun
  • Sering mengalami infeksi namun sulit sembuh
  • Batuk menahun
  • Kelelahan yang terus menerus
Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening
source: https://steptohealth.com/

Namun perlu diingat bahwa kanker getah bening adalah sesuatu yang tidak bisa kamu prediksi sendiri. Jika muncul tanda-tanda diatas secara bersamaan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular