Mana yang Lebih Dulu Dipakai, Sunscreen atau Pelembap? Ini Jawabannya!

Mana yang Lebih Dulu Dipakai, Sunscreen atau Pelembap? Ini Jawabannya!
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/1650cbc62c06b7c02bd27a2a2d83a766.jpeg

Urutan pemakaian skincare memang seringkali membuat bingung. Bagaimana tidak, ada kekhawatiran jika suatu produk digunakan lebih dulu, maka akan terpengaruh oleh produk yang akan diaplikasikan berikutnya. Hal ini juga terjadi pada penggunaan sunscreen dan pelembab. Seringkali muncul pertanyaan, mana kira-kira yang lebih dulu dipakai. Sunscreen kah atau pelembab. Untuk itu, ladies bisa temukan jawabannya di bawah ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Perdebatan Soal Urutan Pemakaian

Perlu diketahui bahwa soal urutan pemakaian ini juga masih menjadi perdebatan di kalangan pakar dermatologis. Oleh sebab itulah, jika ladies selama ini tidak mempermasalahkan urutan pemakaian yang tepat, maka berbeda halnya dengan mereka para pakar. Tentu saja ada alasan tersendiri untuk menentukan mana yang lebih dulu harus diaplikasikan. Joshua Zeichner direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan 
Perdebatan Soal Urutan Pemakaian
“Generally speaking, the ingredients in a chemical blocker need to be absorbed into the skin so that they can do their job, "You do not want to apply anything that will interfere with their penetration"
source: https://www.allure.com/story/when-to-apply-sunscreen-before-or-after-moisturizer
Dengan kata lain, Zeichner mengatakan bahwa SPF baiknya lebih dulu dipakai, Ladies. Hal ini ia anjurkan karena merasa jika pelembab wajah terlalu tebal, otomatis akan menjadi penghalang bagi SPF dalam sunscreen bekerja.

Tetapi, tidak semua pakar setuju akan argumen tersebut lho Ladies. Menurut Sejal Shah, dokter kulit bersertifikat di New York City berpendapat
<baca juga>
"When moisturizer is applied after sunscreen, it can actually change the properties of your sunscreen. It can also alter the way that UV rays meet your skin"
source: https://www.allure.com/story/when-to-apply-sunscreen-before-or-after-moisturizer
Sesuai pendapatnya di atas ladies, jelas bahwa menurutnya krim skincare apapun yang diaplikasikan setelah sunscreen wajah akan mengubah cara kerja sunscreen menjadi tak maksimal lagi. Lantas bagaimana mengambil titik terang dari perbedaan pendapat ini?
Jenis Sunscreen yang Dipilih Menjadi Penentu

Jenis Sunscreen yang Dipilih Menjadi Penentu

Ada beragam jenis Sunscreen yaitu lotion, bubuk, spray, hingga krim. Jika ladies  menggunakan sunscreen berbentuk krim atau lotion, seperti orang pada umumnya, kamu bisa mengaplikasikannya setelah pelembap. Sedangkan jika menggunakan sunscreen bertekstur bubuk, tidak ada masalah untuk diaplikasikan setelah menggunakan makeup. Sebab, tekstur bubuk ini dapat dengan mudah diaplikasikan kembali sepanjang hari, tanpa khawatir akan merusak riasan makeup.

<baca juga>
Kesimpulannya? Mana yang Lebih Dulu

Kesimpulannya? Mana yang Lebih Dulu

Jadi, pada kesimpulannya, ladies butuh sedikit trik untuk memakainya. Zeichner dan Shah pun setuju akan hal tersebut. Aplikasikanlah pelembab terlebih dahulu, dengan catatan biarkan meresap  dan kemudian akhiri dengan sunscreen terbaik pilihan kamu, ladies. Simpel bukan? Hal ini bertujuan untuk menjaga tetap optimalnya cara kerja pelembab di wajah ladies.

Nah, itulah dia jawaban mana yang lebih dulu dipakai, sunscreen atau pelembap. Tidak usah bingung lagi ya!


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular