Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Terindah di Dunia

Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Terindah di Dunia
source: https://image.cermati.com/f_auto,q_70/fprsdh1scq4jye4aftzl

Masjid merupakan pusat kegiatan keagamaan bagi umat muslim. Oleh karena itu, sebagian besar masjid dibuat seindah dan senyaman mungkin. Agar dapat membuat jemaahnya merasa nyaman di masjid tersebut. Beberapa masjid di Dunia pun dikenal dengan kemegahannya, pengen tahu masjid mana saja? Yuk simak.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Masjid tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat beribadah saja, melainkan juga sebagai pusat kegiatan keagamaan seperti tempat diadakannya kajian-kajian, perayaan hari besar, diskusi komunitas Islam, dan dakwah. Dan tidak jarang juga, masjid dijadikan tempat untuk melaksanakan akad pernikahan.

Dalam sejarah Islam, masjid pertama muncul pada abad ke-7, yang paling terkenal adalah Masjidil Haram. Masjidil Haram di Saudi Arabia tersebut, menjadi masjid tertua di dunia. Kini sudah banyak masjid-masjid yang menampilkan arsitektur yang menakjubkan. Berikut ini adalah masjid-masjid yang dikenal dengan keindahannya di Dunia.

Masjid Kubah Emas di Yerusalem

Masjid yang dianggap sebagai masjid paling suci ketiga dalam Islam, setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah ini, berada di tempat yang tinggi. Masjid ini memiliki ubin mozaik pirus yang indah dan kubah emas raksasa, membuatnya menjadi kebanggan tersendiri bagi kaum muslimin. Tidak heran jika Masjid Kubah Emas ini, menjadi symbol dari wilayah suci Al Quds dan bahkan Palestina secara umum.
 

Masjid Kubah Emas di Yerusalem
source: http://bogotabb.blogspot.com
<baca juga>
Masjid Nabawi di Madinah

Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah. Saat pertama kali dibangun oleh Rasulullah, Masjid Nabawi berukuran sekitar 50x50 meter. Namun terus dilakukan perluasan, seiring berkembangnya zaman dan banyaknya jamaah yang datang ke masjid ini. Kini luasnya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi.

Payung raksasa menjadi ciri khas masjid ini. Terdapat lebih dari 250 payung raksasa dipasang di halaman masjid, menyediakan tempat penampungan untuk lebih dari 200 ribu jamaah.

Payung raksasa tersebut diproduksi khusus untuk pelataran Masjid Nabawi menggunakan teknologi terbaru dan dengan bahan berkualitas tinggi oleh teknisi yang sangat terampil. Payung-payung yang akan terbuka secara otomatis itu dilengkapi dengan system drainase dan pencahayaan.

Masjid Nabawi di Madinah
source: http://www.voa-islam.com
Masjid Biru Mazar-i-Sharif di Agfhanistan

Masjid bernuansa biru ini terletak di Kota Mazar-i-Sharif, Afghanistan. Masjid biru ini dibangun pada masa Sultan Ahmad Sanjar, penguasa Dinasti Seljuk. Masjid Biru terletak di jantung kota Mazar-i Sharif di Afghanistan, yang selama ratusan tahun lalu berkali-kali mengalami kerusakan dan direnovasi.

Masjid ini diruntuhkan oleh Genghis Khan pada tahun 1220 Masehi.  Sultan Husayn Mirza Bayqara (Seorang raja Timurid) merenovasi kembali masjid ini pada abad 15. Sultan Husayin Mirza Bayqarah merenovasinya dengan arsitektur yang menawan dan khas warna biru.

Masjid Biru Mazar-i-Sharif di Agfhanistan
source: https://id.pinterest.com
<baca juga>
Masjid Wazir Khan di Pakistan

Masjid Wazir Khan berada di kota Lahore, propinsi Punjab, Republik Islam Pakistan, kota yang sama dengan Masjid Badhashi (1671-1673). Jarak antara kedua masjid bersejarah ini hanya terpisah lebih kurang satu kilometer saja. Namun masjid ini dibangun 36 tahun lebih dahulu daripada Masjid Badhashi.

Masjid ini terkenal dengan karya seni keramiknya yang menakjubkan. Fitur utama masjid Masjid Wazir Khan terdiri dari 5 kubah lancip khas India dan empat menara tinggi di ke empat penjurunya, dan dilengkapi Lapangan Tengah yang cukup luas.

Masjid Wazir Khan di Pakistan
source: http://visitpak.com
Masjid Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid Nasional bagi Kesultanan Brunei Darussalam di kota Bandar Seri Begawan, Ibukota negara Brunei Darussalam. Masjid mewah dengan kubah berlapis emas murni ini dibangun sebagai simbol bahwa Islam adalah agama negara dan menjadi pegangan hidup rakyat Brunei Darussalam.

Sejak dibangun, masjid ini menjadi salah satu masjid yang paling dikenal di dunia dengan keindahan dan kemegahannya.
 

Masjid Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam
source: http://thousandswonders.com



(Editor/Rizki Astuti)


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular