7 Makanan Khas Indonesia yang Terancam Punah, Jangan Lupa Cicipi!

7 Makanan Khas Indonesia yang Terancam Punah, Jangan Lupa Cicipi!
source: http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/kuliner-khas-indonesia_20180502_113348.jpg

Beragam sajian kuliner menjadi rasa yang kental saat pulang kampung maupun saat berada di kota tertentu. Namun, seiring berkembangnya zaman banyak kuliner khas Indonesia yang justru terancam punah atau tidak diproduksi lagi karena beberapa faktor. Apa saja sih?

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Pecel Semanggi

Kuliner khas Surabaya ini tidak sebanyak dulu. Kamu akan kesulitan menemukan Pecel Semanggi di era saat ini. Statusnya mulai langka dan terancam punah. Hal ini disebabkan bukan karena bahan baku daun semanggi yang sulit dicari, melainkan konsumennya semakin sedikit. Banyak generasi muda enggak tahu apa itu Semanggi.

1. Pecel Semanggi
source: https://localtasty.files.wordpress.com/
2. Wajik

Makanan tradisional yang satu ini sering ada saat upacara adat maupun syukuran masyarakat Jawa. Jajanan ini berbentuk jajaran genjang dan terbuat dari beras ketan. Rasa manis dari wajik dihasilkan dari gula jawa. Namun saat ini wajik mulai jarang ditemui. Padahal jajanan ini sudah ada sejak Kerajaan Majapahit. Hanya beberapa kalangan saja yang membuat wajik untuk acara khusus.
 

2. Wajik
source: https://www.pixabay.com/
<baca juga>
3. Pisang Plenet

Makanan Indonesia dinamakan pisang plenet ini merupakan sajian tradisional pisang bakar dan menjadi kuliner khas Semarang. Rasanya yang lezat dan pas digunakan teman minum kopi atau teh. Namun karena kalah populer dengan makanan pisang kekinian, maka hidangan ini tergeser. Bahkan saat ini sudah jarang ditemui di kota asalnya.

3. Pisang Plenet
source: https://www.pixabay.com

Di Semarang tercatat hanya ada tiga kedai saja yang khusus menjual Pisang Plenet. Padahal para penjualnya sudah mencoba berinovasi dengan memberikan beragam topping kekinian seperti keju maupun kismis. Jadi jika kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa sempatkan menjajal makanan menarik ini.
 

4. Bassang

Bassang merupakan kuliner khas Makassar. Tampilannya mirip sekali dengan bubur dan bahan utama yang digunakan yakni jagung pulut atau jagung ketan. Selain itu juga ditambah gula, santan kelapa, garam, dan tepung terigu untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.
 

4. Bassang
source: https://www.wowkeren.com/

Bassang sebenarnya termasuk salah satu ikon Makassar. Namun entah mengapa, dalam beberapa tahun belakangan semakin sulit menemukan penjual makanan ini. Warga setempat yang ingin menikmatinya terpaksa harus membuat sendiri.
 

<baca juga>
5. Gula Puan

Apakah kamu pernah mencoba Gula Puan? Jajanan khas Palembang ini konon sempat menjadi jajanan ekslusif para bangsawan. Harganya sangat mahal karena terbuat dari susu kerbau dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Proses pembuatan Gula Puan pun cukup lama. Selain harus disangrai selama 7-8 jam, juga penyimpanannya harus hati-hati. Sayang sekali, makanan unik ini sudah sulit ditemukan.
 

5. Gula Puan
source: https://media.travelingyuk.com/
6. Unter-Unter

Beberapa daerah menyebut kuliner ini untir-untir, pluntir, atau kue tambang. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula pasir dan beberapa bahan lain. Bentuknya memang melilit seperti tambang. Kue ini biasanya ada saat lebaran dan saat acara keluarga. Variannya juga ada beberapa, ada yang coklat muda ada juga yang diwarna sesuka selera. Kue ini lumayan sulit ditemukan di pasaran saat ini.
 

6. Unter-Unter
source: https://i.pinimg.com/
7. Jenang Krasikan

Jenang memang ada beberapa jenis. Namun kuliner jenang krasikan ini dulu menjadi camilan favorit sekaligus oleh-oleh Jawa Tengah. Makanan ini menyajikan sensasi berpasir saat dikunyah. Sayangnya, kamu sudah sulit untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Sudah tidak banyak penjual yang menjajakannya.
 

7. Jenang Krasikan
source: https://resepnusantara.id/

Sebelum kuliner tersebut punah, yuk segera memburu dan merasakan kelezatannya!
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular