Ternyata Berbeda! Ini Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Kiri

Ternyata Berbeda! Ini Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Kiri
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/925c8092c3dbe7c661adce0bfa8aa355.jpeg

Sakit kepala sebelah atau yang bisa dikatakan migrain adalah sakit kepala intens dan sering kali membuat penderitanya tidak berdaya. Rasa sakitnya berdenyut intens atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Sakit kepala sebelah atau yang bisa dikatakan migrain adalah sakit kepala intens dan sering kali membuat penderitanya tidak berdaya. Rasa sakitnya berdenyut intens atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras. Kondisi ini biasanya mempengaruhi satu sisi kepala saja.
 
Sakit kepala sebelah biasanya berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari. Penyakit ini sangat memengaruhi produktivitas kerja dan kegiatan sehari-hari jika tidak diobati sesegera mungkin atau tepat waktu. Baik wanita dan pria dapat mengalaminya.
 
Sakit kepala sebelah bisa saja terjadi di kepala sebelah kiri atau kanan. Tahu tidak, ternyata letak sakitnya mempunyai penyebab yang berbeda, lho. Untuk mengidentifikasi penyebab sakit kepala sebelah, yuk kita simak penyebabnya masing-masing.
 

Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Penyebab pasti sakit kepala sebelah masih belum begitu jelas. Diperkirakan disebabkan adanya hiperaktiftas impuls listrik yang meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah di otak dan proses inflamasi.
 
Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Telah diketahui bahwa faktor genetik berperan terhadap timbulnya migrain.
 
Sakit kepala sebelah dapat disebabkan oleh makanan, stres, dan perubahan aktivitas rutin harian, walaupun tidak jelas bagaimana dan mengapa hal tersebut dapat menyebabkan migrain. Penyabab migrain antara lain:

  • Konsumsi makanan tertentu, seperti coklat, MSG, dan kopi
  • Tidur berlebihan atau kurang tidur
  • Tidak makan
  • Perubahan cuaca atau tekanan udara
  • Stres atau tekanan emosi yang berlebihan
  • Bau yang sangat menyengat atau asap rokok
  • Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari
Penyebab Sakit Kepala Sebelah
<baca juga>
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala sebelah kanan dapat disebabkan oleh banyak hal yang terkadang sulit untuk didiagnosis. Berikut beberapa penyebab yang dapat dideteksi,:
 

  • Migrain kronis
Kondisi ini terjadi ketika seseorang memiliki riwayat migrain yang terjadi berulang dengan gejala sebagai berikut:
- Dirasakan hanya pada satu atau dua sisi kepala.
- Menyebabkan rasa nyeri berdenyut sedang hingga parah.
- Diperparah oleh aktivitas fisik harian.
- Dapat menyebabkan sensitivitas berlebihan pada cahaya dan suara, serta timbul rasa mual dan muntah.
  • Hemicrania continua
Sakit kepala ini ditandai dengan gejala sebagai berikut:
- Dirasakan hanya pada satu sisi kepala.
- Terjadi dari hari ke hari secara terus menerus.
- Dapat menjadi parah dengan gejala menyerupai migrain.
- Kondisi ini dapat menyebabkan hidung tersumbat atau justru berair serta mata.
- Merah pada bagian kepala yang terasa sakit.
- Pupil mata mengecil atau kelopak mata terkulai.
  • Sakit kepala cluster
Dakit kepala cluster adalah serangan nyeri pada salah satu bagian kepala dan terjadi di sekitar mata. Kondisi ini sering dihubungkan dengan aktivitas pada bagian otak bernama hipotalamus. Sakit kepala cluster dapat dipicu beberapa hal khusus, antara lain suhu panas, olahraga, konsumsi minuman keras, merokok, serta bau menyengat seperti aroma parfum, bensin, atau cat baru. Sakit kepala cluster umumnya disertai dengan gejala:
- Pupil pada salah satu mata mengecil.
- Salah satu kelopak mata bengkak atau turun.
- Mata berair dan merah.
- Hidung berair atau justru tersumbat.
- Telinga merah.
- Wajah berkeringat.
 
Adapun kemungkinan penyebab lainnya dari sakit kepala sebelah kanan yaitu infeksi seperti meningitis, peradangan, atau gangguan dalam pembuluh darah di sekitar otak seperti stroke, tekanan dalam rongga kepala yang meningkat atau menurun, tumor otak, dan cedera otak.
Seseorang juga lebih tinggi berisiko mengalami sakit kepala sebelah atau lebih sering mengalami ketika sedang depresi, mengalami gangguan tidur, obesitas, cemas, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala.
Merasakan sakit kepala sebelah kanan sesekali adalah hal yang biasa terjadi dan umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, Ladies sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika:
  • Sakit kepala sebelah kanan terasa begitu hebat.
  • Kamu menjadi perlu mengonsumsi pereda nyeri hampir setiap hari, bahkan lebih dari dosis yang direkomendasikan.
  • Kamu merasakan sakit kepala sebelah kanan dua kali seminggu atau lebih.
  • Disertai demam, kejang, gangguan penglihatan, lemas, leher kaku, sulit bicara atau rasa kebas.
  • Sakit kepala disebabkan cedera.
  • Tidak segera membaik bahkan setelah mengonsumsi obat dan istirahat.
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Penyebab sakit kepala sebelah kiri dapat disebabkan berbagai faktor, salah satunya faktor gaya hidup, yang meliputi:

  • Minum alkohol
  • Menunda Makan
  • Kurang Tidur
  • Stres
 
Meski tidak semua orang merasakannya, akan tetapi makanan tertentu juga dapat memicu sakit kepala sebelah kiri, seperti makanan yang mengandung bahan pengawet, kacang-kacangan, dan daging olahan.
 
Ada pula beberapa kondisi lain yang dapat memicu sakit kepala sebelah kiri, di antaranya adalah:
  • Infeksi dan alergi
Infeksi saluran pernapasan seperti flu, kerap disertai dengan demam yang diikuti keluhan sakit kepala. Sementara pada reaksi alergi, dapat terjadi penyempitan pada saluran napas dan rongga sinus, sehingga sering menyebabkan sakit kepala.
  • Trigeminal neuralgia
Gangguan saraf ini terjadi pada saraf trigeminus yang berfungsi menghantarkan sensasi atau rangsang dari area wajah menuju otak. Trigeminal neuralgia umumnya ditandai dengan rasa sakit pada satu sisi wajah, sehingga bisa memicu sakit kepala kiri.
  • Tekanan darah tinggi
Meski tidak memiliki gejala fisik yang khas, namun tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya sensasi tegang pada leher, hingga sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kiri.
  • Stroke
    Sakit kepala secara mendadak dan parah bisa menjadi pertanda adanya serangan
    stroke. Oleh karena itu, kamu perlu waspada bila mengalami sakit kepala hebat mendadak dan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, terutama jika diiringi dengan kelemahan pada satu sisi tubuh.
  • Gegar otak
Gegar otak biasanya disebabkan karena benturan atau pukulan keras sehingga mengakibatkan cedera pada otak. Gegar otak dapat menjadi penyebab seseorang mengalami sakit kepala sebelah kiri.
  • Tumor otak

Tumor otak merupakan kodisi adanya pertumbuhan sel abnormal di otak. Tumor dapat menyebabkan sakit kepala yang intens, muncul mendadak dan berulang, disertai gejala lain seperti kehilangan penglihatan, kesulitan berjalan, dan kejang.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular