5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?

5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/21a95d3a5214f71869e74ae59669f0be.jpeg

Masih banyak banget mitos seputar menstruasi yang sampai sekarang dipercaya. Mau tahu apa aja? Siapa tahu kamu mempercayai salah satunya.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Menstruasi adalah proses meluruhnya sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma. Pada siklus normal, menstruasi biasanya berlangsung rata-rata selama 28 hari. Tapi ada juga yang mengalami menstruasi telat ataupun lebih awal.

Biasanya tanda-tanda menstruasi muncul sebelumnya dengan berbagai macam hal. Seperti nafsu makan bertambah, labilitas emosi, perubahan mood yang drastis, nyeri payudara dan bagian tubuh lainnya. Fase itu dinamakan Pre-Menstruation Syndrome.

Menstruasi berlangsung normalnya selama 5-7 hari dan ada juga yang lebih lama.

Nah, selama menstruasi tentunya ada beberapa hal yang mempengaruhi menstruasi. Dan ada banyak banget hal lainnya yang disangkutpautkan dengan menstruasi padahal nggak ada hubungannya. Mitos-mitos berikut ini ternyata masih dipercaya oleh sebagian orang, lho.

 1. Tak Boleh Minum Minuman Dingin 

Banyak yang percaya dengan minum minuman dingin saat menstruasi bisa membuat darah menstruasi membeku dan mengerasnya dinding rahim. Sebenarnya hal tersebut sama sekali tak bersangkutan. Karena menstruasi terjadinya di rahim, sedangkan minum masuknya ke pencernaan. Lagipula suhu minuman dan makanan kalau sudah masuk ke sistem pencernaan tentunya akan menyesuaikan suhu organ dalam kita.
5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?
source: https://brightside.me/
<baca juga>
  2. Dilarang Keramas  

Tidak kebayang banget hampir seminggu tanpa mencuci rambut. Kotor banget pasti rambut jadi berminyak dan berketombe, ditambah bau apek. Katanya kalau keramas waktu menstruasi bikin pori-pori kulit kepala terbuka dan menyebabkan sakit kepala. Wah, sayangnya sampai sekarang nggak ada tuh penelitian yang menyetujui soal ini. Justru selama menstruasi kita harus terus dalam keadaan bersih, karena biasanya keringat lebih banyak dan sedikit berbau.
5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?
source: https://www.istockphoto.com/
 3. Minum Soda Mempercepat Menstruasi  

Masih banyak juga yang percaya kalau minum soda bisa melancarkan menstruasi, yang mana normalnya menstruasi memang sekitar 3-7 hari. Padahal sebenarnya hal ini justru tak dianjurkan. Beberapa studi menyebutkan kalau minum minuman bersoda memang meningkatkan jumlah darah dan waktu menstruasi.

Tapi fakta lainnya menyebutkan kalau minum soda justru akan membuat rasa nyeri. Hal ini karena kandungan kafein dan gula yang tinggi ada pada soda. Kafein dapat mempersempit pembuluh darah, membuat nyeri payudara saat haid, bahkan memicu stress. Jadi bukannya tidak lancar terus minum soda. Karena ada beberapa faktor penyebab menstruasi tidak lancar.
5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?
source: https://www.vecteezy.com/
<baca juga>
  4. Tak Boleh Berenang  

Air di kolam renang jadi lautan darah adalah ketakutan terbesar perempuan yang sedang menstruasi. Ada juga yang sampai takut dimakan hiu kalau berenang di laut saat menstruasi. Tentu hal itu tidak akan terjadi.

Selama berenang memang aliran darah tidak berhenti total, tapi tekanan air di kolam akan menghambat darah untuk keluar. Soal serangan hiu, katanya hiu bisa mencium bau setitik darah dari jarak 1 mil. Tapi ahli biologi dari Florida Atlantic University menemukan kalau hiu tidak sebagus itu penciumannya buat mendeteksi di air dan juga hiu mungkin cuma bisa mencium setetes darah dalam suatu volume air seukuran kolam renang kecil. Plus, National Geographic mengatakan hiu putih besar mungkin bisa mendeteksi setetes darah di sekitar 100 liter air.

Jadi, tak perlu kuatir lagi berenang saat menstruasi, ya, Ladies. Kecuali kolamnya kecil dan ada hiu di sana.
5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?
source: https://www.motherjones.com/
 5. Siklus Menstruasi Wajib 28 Hari  

Statement ini bikin sebagian orang yang percaya jadi was-was kalau menstruasi telat atau cepat. Padahal siklusnya itu berkisar dari 21-35 hari. Cepat atau lambatnya menstruasi datang itu dipengaruhi juga oleh beberapa faktor. Seperti misalnya obat-obatan, stress, diet, dan lainnya. Jadi kalau terlambat menstruasi tidak usah buru-buru mikir hamil, ya.
5 Hal yang Berhubungan dengan Menstruasi, Mitos atau Fakta?
source: http://www.firstperiod.org/

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular