Mau Travelling ke Cirebon? Kamu Harus Cobain 5 Makanan Khasnya yang Bikin Nagih Ini!

Mau Travelling ke Cirebon? Kamu Harus Cobain 5 Makanan Khasnya yang Bikin Nagih Ini!
source: https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/a16d2e480f7795bb/751x532cq70/photo.jpg

Selain tahu gejrot, Cirebon juga punya lima kuliner khas yang enggak kalah menggoyang lidah. Kalau kamu sedang di Cirebon, jangan lupa sempatkan diri wisata kuliner dengan menjajal makanan khasnya. Ada apa saja?

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Empal Gentong


source: batiqa.com

Ini dia kuliner khas Cirebon yang paling populer. Potongan daging dengan beberapa jeroan sapi direbus dengan bumbu rempah khas di dalam gentong, kuali dari tanah liat. Setelah meresap, daging dikeluarkan untuk kembali dihidangkan saat ada pesanan. Dagingnya empuk karena direbus selama kurang lebih lima jam.

Menu ini biasa disajikan bersama bawang goreng dan irisan kucai. Hidangan ini bisa ditemukan di sepanjang Jalan Raya Plered, seperti di kedai Empal Gentong Krucuk, Hj. Dian, H. Apud, dan Amarta. Satu porsi empal gentong dihargai sekitar Rp 17.000 hingga Rp 25.000.
 

2. Empal Asam


source: kadekarini.com

Buat kamu yang mau mencoba empal gentong tapi takut kolesterol, bisa beralih ke Empal Asam. Kenapa? Karena empal asam diklaim lebih rendah kolesterol. Kuahnya bening, tidak kuning seperti pada empal gentong yang memakai campuran santan. Rasa asamnya yang khas dan segar berasal dari belimbing wuluh. Selain itu, empal asam biasanya memakai daging bagian lamusir atau belakang paha sapi yang lebih sedikit lemaknya.

Salah satu gerai empal asam paling populer di Cirebon yaitu di Kedai Haji Apud, yang mana juga menyediakan menu empal gentong. Alamatnya di Jl. Ir H. Juanda No.24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon. Seporsi empal gentong seharga sekitar Rp 16.000. 
 

<baca juga>

3. Nasi Lengko


source: cireboninternet.com

Nasi Lengko merupakan hidangan dengan bahan nasi hangat diberi potongan tahu, tempe, mentimun cacah, dan tauge rebus, lalu disiram saus kacang tauco yang khas. Sebagai pelengkap ada irisan daun kucai, kecap, dan taburan bawang goreng. Bisa dibilang, nasi lengko ini adalah nasi pecelnya orang Cirebon.

Untuk menikmati kuliner ini kamu bisa datang ke kedai Nasi Lengko Bahagia, yang mana menjual sate kambing sebagai pendamping nasi lengko. Alamatnya di Jl. Bahagia, Panjunan, Lemahwungkuk, Cirebon. Setengah porsi nasi lengko dan 5 tusuk sate kambing harganya sekitar Rp 20.000. 
 

4. Nasi Jamblang


source: cireboncinnamon.com

Nasi Jamblang menjadi menu andalan lapak-lapak tenda pinggir jalan sampai hotel-hotel berbintang di Cirebon. Kekhasan nasi jamblang ini dapat dilihat dari bungkus atau alasnya yang menggunakan daun jati, aromanya wangi alam. Nasi jamblang bisa dinikmati dengan beraneka lauk seperti ikan asin, tahu bacam, jengkol, sampai tumis cumi-cumi dan paru goreng. Harganya sangat bervariasi, mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 20.000.
 

<baca juga>

5. Docang 


source: dictio.id

Ingat, ini Docang bukan doclang yang khas kota Bogor. Seperti doclang, docang juga menggunakan lontong, hanya saja bumbu dan jenis penyajiannya berbeda. Doclang disiram dengan saus kacang yang kental, sementara docang disiram kuah khas yang gurih dan segar. Docang khas Cirebon ini dibumbui dengan sayur oncom yang dikombinasikan dengan bungkil kacang tanah serta tambahan parutan kelapa.

Kelezatan docang dapat kamu nikmati di Docang Khas Cirebon Ibu Wiwi, Jalan Ksatria No.95, Cirebon. Semangkuk docang biasanya dibanderol seharga Rp 10.000 sampai Rp. 15.000.

Rasanya nendang semua, dijamin lima kuliner khas Cirebon ini bikin kamu nagih! Yuk, cobain!
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular