Ladies, Yuk Cegah Batu Ginjal Sedari Dini! Simak Cara-caranya di Sini!

Ladies, Yuk Cegah Batu Ginjal Sedari Dini! Simak Cara-caranya di Sini!
source: https://ask4ufe.com/wp-content/uploads/2017/06/Womenpain.jpg

Mendengar penyakit "ginjal" apa yang kamu pikirkan? Pasti penyakit parah yang sulit untuk disembuhkan. Namun, tidak dengan batu ginjal. Batu ginjal masih bisa disembuhkan dan yang lebih penting adalah bisa dicegah sejak dini. Yuk, simak sejumlah fakta dan cara pencegahannya, agar kamu bisa mengantisipasinya semenjak dini. Ini dia langkah-langkahnya!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Apa itu Batu Ginjal?

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing, dalam prosesnya disebut nephrolithiasis. Sakit batu ginjal ini biasa ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil atau kencing berdarah. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang parah jika tidak ditangani dengan baik.


Terdapat empat hal utama penyebab batu ginjal, yaitu:

1. Tumpukan Kalsium

Kelebihan kalsium bisa menjadi penyebab batu ginjal, karena kalsium yang tidak digunakan oleh otot dan tulang akan lari ke ginjal. 

2. Asam Urat Tinggi

Batu asam urat juga bisa terbentuk ketika air seni mengandung terlalu banyak asam, lho! Orang-orang yang makan banyak daging, ikan, dan kerang mungkin terkena batu asam urat.

3. Infeksi Ginjal

Batu strutive di ginjal dapat terbentuk setelah kamu memiliki infeksi pada ginjal.

4. Faktor Genetik

Batu ginjal juga bisa dari faktor genetik, seperti dari orangtua ke anaknya. Jika orangtuamu mempunyai penyakit ini, cepat periksa ke dokter, ya!
Gejala Batu Ginjal

Semua penyakit ada gejalanya. Begitu juga batu ginjal, tapi gejala batu ginjal tidak dapat ditandai dengan mudah. Banyak yang mengabaikan dan malah akan memperparah penyakitnya, lho! Berikut beberapa gejala yang harus kamu waspadai:

  • Adanya rasa sakit di sekitar tulang rusuk.Rasa sakit seperti nyeri dari bagian perut bawah sampai ke pangkal paha.
  • Rasa nyeri di sekitar perut namun terkadang sembuh sendiri sewaktu-waktu.
  • Sakit pada buang air kecil.
  • Urin berwarna lebih keruh atau kecokelatan.
  • Bau urin yang tidak sedap.
  • Selalu sering buang air kecil.
  • Mual, demam, dan muntah.


Jika kamu mempunyai tanda-tanda gejala seperti ini, coba segera cek ke dokter, ya!

<baca juga>
Cara Mencegah Batu Ginjal

1. Minum Air Putih yang Banyak

Jangan abaikan kalimat "minum air 8 gelas sehari" Ladies, karena itu penting banget untuk tubuh. Rajin minum air putih dapat menurunkan resiko pembentukan batu di ginjal.

2. Kurangi Minuman Berkalori dan Manis.

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya minum 1 gelas minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan resiko sakit batu ginjal sebanyak 23 persen.

3. Batasi Makan Makanan Asin

Jangan terlalu banyak melahap makanan asin dari garam atau natrium ya, Ladies! Karena hal ini dapat memicu penyakit batu ginjal akibat dari meningkatkan kalsium dalam urin. 

4. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas sering dikaitkan terhadap risiko batu ginjal atau sakit kencing batu. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin sehingga akan meningkatkan risiko munculnya batu di ginjal.

5. Batasi Asupan Hewani yang Mengandung Purin

Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging seperti telur, jeroan,dan produk susu yang mengandung purin. Purin adalah zat yang menyebabkan kondisi asam urat, sementara itu asam urat adalah salah satu bahan yang akan membentuk batu pada ginjal.

Sudah jelas kan informasi tentang batu ginjal di atas? Yuk, sama-sama dicegah sejak dini sebelum terlambat. Jangan lupa untuk rajin cek ke dokter juga ya, Ladies! 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular