Sebenarnya Berapa Berat Badan Ideal Wanita? Saatnya Hitung di Sini!

Sebenarnya Berapa Berat Badan Ideal Wanita? Saatnya Hitung di Sini!
source: https://www.verywellfit.com/thmb/7DmLTz-l-zMkNfODriiL2lz7caE=/768x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/GettyImages-848079198-5af08caea18d9e0037582da7.jpg

Berat badan ideal merupakan dambaan bagi setiap wanita. Berat badan ideal memudahkan wanita dalam meningkatkan penampilannya. Kamu akan lebih mudah memilih pakaian. Dalam bidang medis, berat badan yang ideal menjadi ukuran bahwa tubuh kamu sehat. Terdapat beberapa ukuran untuk menentukan bahwa badan kamu memiliki massa tubuh yang proposional. Di antaranya Body Mass Index (BMI) dan Rumus Brocha. Ukuran ini disesuaikan dengan tinggi badan kamu Ladies. Bagaimana cara mengukur berat badan ideal wanita? Yuk kita pelajari Ladies

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Berapa Berat Badan Ideal Wanita?

Banyak yang mengatakan bahwa wanita yang memiliki berat badan ideal juga akan memiliki bentuk tubuh ideal. Perlu diingat Ladies, bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda.Bentuk tubuh adalah pandangan yang subjektif, sementara berat badan ideal wanita merupakan ukuran yang objektif.

Dalam mengetahui berat badan ideal kamu akan dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu; ideal, kurus, gemuk, dan obesitas.

Berat badan ideal pada wanita dan pria memiliki ukuran yang berbeda. Pada pria ukuran berat badan ideal lebih besar dibandingkan berat badan ideal wanita.

 

https://pin.it/mrlkir3de3dpas
Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

Cara menghitung berat badan ideal yang paling mudah adalah dengan menggunakan ukuran BMI atau Body Mass Index.

Rumus atau kalkulator BMI dapat dimulai pada umur 20 tahun. Penghitungan untuk di bawah 20 tahun memiliki cara dan rumus yang berbeda. Selain itu, kalkulator BMI tidak tepat digunakan bagi atlet atau olahragawan. Hal ini disebabkan berat badan didominasi dari massa otot. Jadi bisa saja BMI mengkategorikan atlet atau olahragawan dalam kategori gemuk, padahal tidak.

Cara menghitung BMI yaitu: Berat Tubuh Ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan kuadrat(m)

Misalnya, apabila kamu memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi 1,55 m maka BMI kamu 20,83. Artinya kamu memiliki berat badan ideal karena angka BMI kamu berada di antara 18 hingga 25.

 

https://id.pinterest.com/pin/375558056407073328/
<baca juga>
Kategori Berat Badan Wanita Berdasarkan Perhitungan BMI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, standar BMI wanita dengan pria berbeda. Berikut kategori dan standar BMI bagi wanita.

Angka BMI yang normal berkisar antara 18,5 sampai 25. Ketika angka BMI kamu terletak di atas 25, maka kamu memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthriotis, kanker, dan diabetes level 2. Apabila kamu memiliki angka BMI di bawah 18, maka kamu berisiko tinggi terhadap osteoporosis, karena tubuh akan banyak menyerap nutrisi dari tulang belakang. Apabila kedua kondisi ini terjadi padamu, segera hubungi dokter atau memperbaiki pola hidup yang lebih sehat. 
 

https://pin.it/ycp26t72jfvzqz
Berat Badan Ideal Wanita Berdasarkan Umur
Pasalnya, tidak ada ukuran baku yang mampu menyesuaikan berat badan idealmu berdasarkan umur lho Ladies. Hal ini disebabkan berat badan ideal lebih dipengaruhi oleh tinggi badan dan jenis kelamin. 

Di sisi lain, memang perhitungan berat badan ideal utuk bayi dan anak-anak dibedakan berdasarkan umur. Untuk umur anak-anak ukuran berat badan ideal dihitung menggunakan panjang badan dan umur dengan satuan bulan. 

 

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular