Resep Membuat Sambal Ayam Penyet Lengkap dengan Tips Rahasia dan Penyajian yang Nikmat

Resep Membuat Sambal Ayam Penyet Lengkap dengan Tips Rahasia dan Penyajian yang Nikmat
source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/asiknyaberbagipku-blogspot-co-id1506179706150.jpeg

Makan apapun akan lebih nikmat jika memakai sambal. Di Indonesia dan negara Asia lainnya, sambal adalah menu yang wajib ada di saat makan. Makanan akan terasa lebih segar dan nikmat dengan sambal yang pas, termasuk sambal ayam penyet. Beberapa hal harus diperhatikan jika ingin membuat sambal yang enak dan maknyus.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!


 

Aneka Sambal Ayam Penyet

Ayam penyet dengan berbagai variasinya di beberapa daerah, menggunakan sambal yang berbeda-beda. Sambal cabe ijo, sambal tomat, sambal balado, sambal terasi dan beberapa yang lainnya. Ayam penyet tanpa sambal akan terasa hambar, bagaikan masakan tanpa garam. Sambal apapun akan terasa cocok menemani ayam penyet, asalkan pemakaian bahan yang baik dan pengolahan yang tepat. Ini dia tips membuat sambal ayam penyet yang enak.

Aneka Sambal Ayam Penyet
source: http://blog.platechno.com


 

<baca juga>
Pemakaian Bahan

Bahan untuk membuat sambal ayam penyet terdiri dari cabai, tomat dan bawang. Ini adalah bahan utamanya. Bahan-bahan ini merupakan bahan yang cepat busuk. Oleh sebab itu dianjurkan menggunakan bahan yang segar, agar bahan utama tidak cepat busuk. Bahan yang tidak segar tentu akan menghasilkan rasa yang tidak enak. Kenikmatan ayam penyet justru pada rasa sambalnya yang maknyus. 

  • Pilihlah tomat ceri agar rasanya lebih segar dan asam atau tomat biasa yang tidak terlalu lembek.
  • Cabai rawit harus berwarna cerah dengan kulit yang masih mulus, cabai seperti ini biasanya tidak cepat busuk.
  • Cabai keriting harus berwarna merah menyala.
  • Bawang merah dan bawang putih tidak boleh yang lembek.
Pemakaian Bahan
source: http://www.alodokter.com


 

Mengolah Sambal dengan Baik

Sambal dapat diolah dengan berbagai cara, seperti diulek, diblender, ditumbuk, digoreng terlebih dahulu dan sebagainya. Semua cara pengolahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sambal yang diulek tentu lebih enak daripada yang diblender, namun sambal yang diblender akan memangkas waktu lebih cepat.

Cabai yang digoreng tentu lebih tahan lama jika cabai diolah langsung mentah. Pilihlah cara yang akan membuat rasa sambal terasa lebih nikmat dan sehat tentunya. Ini adalah salah satu tips membuat sambal ayam penyet yang enak.

Mengolah Sambal dengan Baik
source: https://beritagar.id


 

<baca juga>
Bahan Pendukung Sambal

Selain bahan utama di atas, sambal ayam penyet tentu ada bahan pendukungnya. Walaupun ini hanya sebagian kecil, namun bahan pendukung ikut menentukan rasa sambal itu sendiri. Bahan pendukung yang terdiri dari daun jeruk, daun salam, air perasan jeruk limau atau terasi merupakan penyedap rasa yang akan mempengaruhi sambal.

Jika kamu menggunakan terasi, sebaiknya terasi digoreng terlebih dahulu agar rasanya lebih sedap. Disamping itu, terasi yang tidak digoreng akan menimbulkan bau tak sedap, sehingga sambal tidak akan bertahan lama.

Bahan Pendukung Sambal
source: http://www.resepseharihari.com


 

Cara Penyajian Sambal

Cara penyajian suatu menu akan menarik minat makan seseorang. Penyajian yang apik dengan model tertentu akan menggugah selera makan. Demikian juga dengan ayam penyet. Walaupun di beberapa variasi, sambal ini tidak disajikan diatas ayam penyet. Sebaiknya sajikan sambal ini diatas ayam yang sudah dipenyet, agar sambal dapat meresap ke lapisan terluar ayam.

Terlebih sambal ayam penyet yang berminyak, minyak beserta sambalnya akan sedikit meleleh ke dalam ayamnya. Bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya menyantap seporsi ayam penyet dengan sambal yang maknyus.

Cara Penyajian Sambal
source: http://rezepmakanan.blogspot.co.id


 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular